Perpustakaan Kemendikbud Jakarta



Ini adalah perpustakaan "pertama" yang saya kunjungi di Jakarta (di luar kategori perpustakaan sekolah tentunya). Bertempat di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Selatan, perpustakaan ini berada di lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau dengan transportasi umum, karena selain berada dekat dengan halte Trans Jakarta Bundaran Senayan, ada beberapa Bus Angkutan Umum yang juga melintas di sekitar area gedung. 

Berawal dari mencari informasi melalui browsing lokasi perpustakaan terdekat dari tempat saya tinggal, saya pun memutuskan untuk datang berkunjung. Kesan nyaman langsung terlintas di benak saya ketika memasuki ruangan, dan ketika mencoba mendaftarkan diri sebagai anggota baru, tak ada kesulitan sama sekali karena cukup menyiapkan KTP dan mengisi formulir yang telah disiapkan petugas. 


Berikut beberapa review pribadi yang dapat saya simpulkan setelah kini kurang lebih 10 kali datang berkunjung kesini.

- Area perpustakaan terbilang luas (memiliki dua lantai) sehingga dapat menampung pengunjung dalam jumlah besar.
- Jumlah koleksi buku cukup memadai, di dominasi buku-buku dengan tema pendidikan dan budaya Indonesia, serta dilengkapi dengan koleksi film edukasi yang dapat ditonton secara langsung dan boleh dipinjam.
- Per-pengunjung diizinkan meminjam maksimal 3 buah buku dan 2 buah CD Literatur dengan durasi waktu pinjam selama dua minggu.
- Tidak ada denda uang keterlambatan apabila telat mengembalikan buku, namun ada sanksi tidak boleh meminjam buku selama jumlah hari keterlambatan. (Misal telat mengembalikan buku 3 hari, maka selama 3 hari kedepan yang bersangkutan tidak dapat melakukan peminjaman buku).
-  Walaupun berada di tengah hiruk-pikuk Kota besar, tak perlu khawatir bising karena suasana di dalam ruangan cukup kondusif,  tenang, dan nyaman untuk melakukan kegiatan membaca buku ataupun untuk mengerjakan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
- Jumlah kursi dan meja baca yang disediakan mencapai puluhan dengan fasilitas "stop kontak" di tiap sudut meja sehingga memudahkan kita untuk melakukan pengisian baterai Handphone maupun laptop.
- Tersedia beberapa perangkat komputer yang dapat digunakan pengunjung serta WIFI gratis yang dapat di akses dengan mudah.
- Kamar mandi (toilet) umum terletak pada lantai satu dan selalu dalam keadaan bersih.
- Tersedia fasilitas tempat menyimpan tas (penitipan barang) serta air minum dalam dispenser dan beberapa gelas plastik. 
- Full AC, sehingga tak perlu takut kepanasan. Hehe

Sekian review yang dapat saya kemukakan panjang lebar, semoga dapat menjadi inspirasi ketika bingung mencari salah satu tempat alternatif untuk "menghabiskan waktu yang berkualitas" di Ibu Kota.

Postingan populer dari blog ini

Di suatu tempat

How Busy!

Beauty Notes