Berprasangka Baik Kepada Allah


Catatan Kajian Ustadz Khalid Basalamah
29 Dzul-Qa'adah 1440 Hijriah.

Seringkali pertanyaan "mengapa" dapat menjadi pintu pembuka berprasangka buruk kepada Allah, misalnya: "Mengapa hidup saya tidak seperti si A?", "Mengapa saya harus mengalami penyakit ini?"  dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita harus menghindari pertanyaan "mengapa" yang ditujukan kepada Allah karena dapat menimbulkan perasaan kecewa terhadap suatu ketetapan buruk yang sedang kita alami, yang mana kita sebenarnya hanya belum menyadari apa hikmah dan kebaikan dibalik ketetapan yang kita anggap buruk tersebut.

Salah satu cara agar kita dapat selalu berprasangka baik kepada Allah adalah dengan membaca Ayat-ayat Kalamullah dan meresapi maknanya. Karena bila ditelusuri, begitu banyak ayat yang berisikan ketetapan-ketapan Allah kepada manusia sesuai dengan amal perbuatannya di dunia, sehingga tidak ada alasan untuk berprasangaka buruk kepada Allah :)

Berikut beberapa ayat yang mengutip tentang berprasang baik kepada Allah:

" Patutkah Kami menganggap orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh sama dengan orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi? Patutkah (pula) Kami menganggap orang-orang yang bertakwa sama dengan orang-orang yang berbuat maksiat? " ( Al-Quran Surat Sad, Ayat 28 )

" Dan tidaklah sama orang yang buta dengan orang yang melihat, dan tidaklah (pula sama) orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal saleh dengan orang-orang yang durhaka. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran. " 
( Al-Quran Surat Ghafir, Ayat 58 )

" Apakah orang-orang yang membuat kejahatan itu menyangka bahwa Kami akan menjadikan mereka seperti orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, yaitu sama antara kehidupan dan kematian mereka? Amat buruklah apa yang mereka sangka itu. " ( Al-Quran Surat Al-Jatsiyah, Ayat 21 )

" Ataukah orang-orang yang mengerjakan kejahatan itu mengira bahwa mereka akan luput (dari azab) Kami? Amatlah buruk apa yang mereka tetapkan itu. " 
( Al-Quran Surat Al-'ankabut, Ayat 4 )

" Barangsiapa yang mengharap pertemuan dengan Allah, maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah itu, pasti datang. Dan Dialah Yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui. " ( Al-Quran Surat Al-'ankabut, Ayat 5 ) 

Postingan populer dari blog ini

Di suatu tempat

How Busy!

Beauty Notes