Manajemen Konflik Rumah Tangga

Review kajian Ustadz Najmi Umar Bakkar
Ahad, 6 Rabiul Awal 1441 Hijriah


Cinta adalah anugerah yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya dan inilah yang disebut cinta yang hakiki atau cinta sejati. Allah-lah pemilik cinta dan yang menumbuhkan adanya cinta antara suami dan istri.

Sebelum membangun sebuah rumah tangga ada baiknya seorang ikhwan atau akhwat mempersiapkan ilmu syar'i tentang pernikahan. Kunci yang paling utama dalam membangun rumah tangga adalah kesabaran serta memahami bahwa tidak ada manusia yang sempurna sehingga sebaiknya seseorang tidak berekspektasi terlalu tinggi terhadap pasangannya.

Salah satu sifat sabar yang dimaksud dalam berumah tangga ialah ketika tidak menyukai sesuatu pada diri pasangan masing-masing karena sesuai dengan firman Allah pada Surat An-Nisa' Ayat 19 bahwasanya boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya.

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَحِلُّ لَـكُمْ اَنْ تَرِثُوا النِّسَآءَ كَرْهًا ۗ وَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ لِتَذْهَبُوْا بِبَعْضِ مَاۤ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اِلَّاۤ اَنْ يَّأْتِيْنَ بِفَا حِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ ۚ وَعَا شِرُوْهُنَّ بِا لْمَعْرُوْفِ ۚ فَاِ نْ كَرِهْتُمُوْهُنَّ فَعَسٰۤى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـئًـا وَّيَجْعَلَ اللّٰهُ فِيْهِ خَيْرًا كَثِيْرًا

" Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak."


Beberapa kiat menghindari konflik rumah tangga, antara lain:
♡ Tundalah untuk penyelesaian masalah anak-anak, rumah, dll hingaa seorang suami selesai beristirahat dari kepenatan bekerja, dan jangan sampaikan ketika suami sedang makan.
♡ Jangan menceritakan kepada orang tua tentang masalah dalam rumah tangga, kecuali yang baik-baik saja.
♡ Jika suami sedang marah, maka segeralah mendapatkan ridhanya dengan meminta maaf.
♡ Jangan membandingkan diri pasangan dengan orang lain, walaupun hanya bercanda karena akan membuatnya tersinggung.
♡ Jangan mengkritik pasangan di hadapan anak-anak ataupun orang lain dengan kata-kata yang tidak pantas.
♡ Hendaknya seorang istri pintar dalam mendidik anak-anaknya dan sayang kepada mereka serta sepakat dengan suami dalam menerapkan metode pendidikan yang tepat sesuai dengan Al-Quran dan sunnah.
♡ Hendaknya seorang istri/suami tidak mengungkit-ngungkit kebaikannya di masa lalu. Khususnya yang bersifat pemberian harta untuk keluarga masing-masing.
♡ Jika pasangan melakukan kesalahan maka bersabarlah, nasihatilah dengan lembut dan maafkanlah kesalahannya. Khususnya suatu kesalahan yang tidak disengaja. Dan janganlah mencari-cari kesalahannya, karena manusia tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan.

Postingan populer dari blog ini

Di suatu tempat

How Busy!

Beauty Notes